No change, No Success

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by Nanda Bima - - 0 comments



Rovio Entertainment Ltd. atau Rovio adalah pengembang permainan video dan perusahaan hiburan Finlandia yang bermarkas di Espoo. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2003 sebagai pengembang permainan ponsel yang bernama Relude, dan di tahun 2005 berganti menjadi Rovio. Perusahaan ini dikenal melalui permainan terbaiknya Angry Birds. Berikut management dari Rovio Entertainment :

Chief Executive Officer                      : Mikael Hed
Co-Founder                                            : Niklas Hed
Chief Marketing Officer                     : Peter Vesterbacka
Chief Operations Officer                    : Teemu Suila
Executive Vice President, Games   : Jami Laes

Pada tahun 2003, tiga mahasiswa dari Helsinki University of Technology (sekarang Aalto University School of Science), Niklas Hed, Jarno Väkeväinen, dan Kim Dikert berpartisipasi dalam kompetisi pengembangan permainan ponsel di Assembly demo party yang didukung oleh Nokia dan HP. Sebuah permainan real-time yang diberi nama King of the Cabbage World diselesaikan ketiga orang tersebut untuk membentuk perusahaan mereka sendiri, Relude. King of the Cabbage World sudah dijual kepada Sumea (sekarang Sumea Studios sebagai bagian dari Digital Chocolate), dan mengubah nama permainan tersebut menjadi Mole War, yang telah menjadi permainan komersial real-time pertama di dunia.

Pada Januari 2005, Relude menerima investasi pertama dari Angel Investor, dan perusahaan tersebut berganti nama menjadi Rovio Mobile. Pada Desember 2009 Rovio merilis Angry Birds, sebuah permainan puzzle-pelontar untuk iPhone. Angry Birds sejak itu sudah diunduh lebih dari 1 miliar unduhan, dengan unduhan berbayar lebih dari 25% total unduhan, menjadikan salah satu permainan yang terjual banyak di Apple App Store.

Produk Games
Bad Piggies (2012)
Angry Birds Trilogy (2012)
Amazing Alex (2012)
Angry Birds Space (2012)
Angry Birds Rio (2011)
Angry Birds Seasons (2010)
Angry BirdsiOS, N900 (2009), Palm webOS, Android, Symbian, Windows (2010), Mac OS X (2011), Windows Phone 7 (2011) Google Chrome (2011), BlackBerry PlayBook OS (2011), Wii U and Nintendo 3DS (2012), Playstation 3 dan PlayStation Vita (2012)
Bounce Evolution - N900 (2009)
Bounce Tales - N-Gage (2009)
Bounce Touch - N-Gage
Bounce Boing Voyage - N-Gage (2008)
Burger Rush - J2ME
Burnout - J2ME (2007)
Collapse Chaos - J2ME
Cyber Blood - J2ME
Darkest Fear - iOS (2009), J2ME (2005)
Darkest Fear 2 - J2ME
Darkest Fear 3 - J2ME
Desert Sniper - J2ME (2006)
Dragon & Jade - J2ME
Formula GP Racing - J2ME
Gem Drop - J2ME (2008)
Marine Sniper - J2ME
Mole War - J2ME
Need for Speed: Carbon - J2ME (2006)
Paid to Kill - J2ME
Paper Planes - J2ME (2008)
Patron Angel - J2ME
Playman Winter Games - J2ME
Shopping Madness - J2ME (2008)
Space Impact: Meteor Shield - N97, J2ME
Star Marine - J2ME (2007)
Sumea Ski Jump - J2ME
Swat Elite Troops - J2ME
US Marine Corps Scout Sniper - J2ME (2006)
Totomi - iPhone, Flash, J2ME
War Diary Burma - J2ME
War Diary Torpedo - J2ME 
Wolfmoon - J2ME
X-Factor 2008 - J2ME

       

Pendapatan Rovio
Pengembang games Rovio, perusahaan di balik permainan Angry Birds yang ultra sukses, melaporkan telah meraih pendapatan 200 juta dolar Ameriksa Serikat (AS) dan laba bersih 71 juta dolar AS pada 2012. Pendapatan perusahaan Finlandia itu naik 101 persen dibanding 2011 yang hanya 96 juta dolar AS, menurut laporan Business Insider baru-baru ini.

Dalam 2012, Rovio telah menggandeng sejumlah pihak, seperti badan antariksa AS (NASA), National Geographic, dan Walmart untuk mengembangkan bisnisnya. Perusahaan itu juga merilis empat permainan baru, Angry Birds Space, Amazing Alex, Bad Piggies, dan Angry Birds Star Wars.

Tapi, game bukanlah satu-satunya mesin uang Rovia. Perusahaan ini juga memiliki divisi produk konsumer yang menjual berton-ton boneka hewan Angry Birds, T-shirt, dan perlengkapan bermerek lainnya. Rovio mempunyai  ambisi besar. Chief Marjeting Officer (CMO) Rovio, Pete Vesterbacka, pada tahun lalu mengatakan bahwa perusahaannya ingin mengikuti jejak Disney menjadi merek hiburan yang jauh lebih besar. Pada 2011 Rovio menolak tawaran Zynga yang ingin mengakusisinya seharga 2 miliar dolar AS.

Perusahaan Hiburan
Angry Birds saat ini telah menjelma menjadi tren gaya hidup, tidak hanya menghuni smartphone bahkan kini hampir di seluruh elemen kehidupan. Baju, celana, tas, flash disk, komputer, topi, aksesoris dan lain sebagainya. Angry Birds menjadi fenomena yang jauh melebihi estimasi banyak pihak bahkan mungkin sang pengembang, Rovio, game ini berhasil mengambil hati sekian miliar pengguna meskipun dengan konsep game yang sederhana.

Pada ajang CTIA 2013, Chief Operating Officer Rovio, Harri Koponen mengatakan bahwa mereka bukan lagi perusahaan game, tetapi lebih kepada perusahaan hiburan. Ia kemudian memberikan alasan mengapa perusahaan game sudah tak lagi cocok untuk bersaing di dalam kompetisi bisnis. Berdiri pada tahun 2009, yang pertama kali diluncurkan adalah Angry Birds pada bulan Desember 2009 di App Store. Game ini kemudian berhasil membangun kerajaan di antara banyak karakter burung, tidak hanya sukses bahkan pencapaian mereka jauh dari berhasil.

Hiburan adalah bagian penting di dalam bisnis kami, perusahaan kami melalui game melibatkan emosi dan juga mampu terhubung secara emosional ke cerita permainan dan juga pemain.
Ide untuk menciptakan berbagai merchandise dan lisensi penjualan ke seluruh dunia berhasil menciptakan link yang mengikat kepada penggemar, plus meluncurkan film animasi untuk menggambarkan kembali bagaimana proses pengembangan dan mengapa burung ini sangat marah, perusahaan berharap menciptakan dasar yang kuat atas karakter yang dibangun kepada penggemar sehingga akan terus dan terus menggunakan game meskipun dengan seri yang berbeda.

Game-nya sendiri tidak berperan secara dominan, perusahaan mendapatkan keuntungan dari game sebesar 60% sedangkan sisanya sebesar 40% didapat dari penjualan souvenir. Dan segala macam souvenir dan film animasi terus memberikan dorongan positif kepada game untuk tetap hidup di pasar dan memberikan referensi kepada penonton untuk mendownload.

Koponen membocorkan salah satu kunci sukses Rovio bersama Angry Bird, bahwa mereka selalu menjagai ritme peluncuran seri terbaru dengan karakter yang juga menarik sehingga pengguna terus mendapatkan sesuatu yang baru dan menantang untuk dimainkan.

Sumber dan Referensi :
http://www.rovio.com/en/about-us/Company

Leave a Reply