No change, No Success

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by Nanda Bima - - 0 comments

Bekerja sesuai bidang yang kita kuasai dan di tempat atau perusahaan besar merupakan impian setiap orang. Tidak hanya di perusahaan besar, tiap-tiap perusahaan juga memiliki syarat-syarat agar bisa masuk dan bekerja pada perusahaan tersebut. Mulai dari penyerahan surat lamaran hingga melakukan panggilan kerja atau interview. Bagi sebagian besar kegagalan seseorang dalam memasukin suatu perusahaan yaitu sampai pada tahap panggilan kerja atau interview karena pada momen tersebut para pelamar akan langsung berhadapan dengan wakil dari perusahaan untuk melakukan wawancara dimana akan terlihat kemampuan pelamar dalam menjawab pertanyaan dari pewawancara.
Dari situ pewawancara akan menyeleksi tidak hanya kemampuan hardskill tetapi lebih ke softskill pelamar yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Untuk mempermudah dan memperluas pengetahuan tentang interview, di bawah ini akan diberikan beberapa tips atau kiat dalam menghadapi panggilan kerja atau interview.

Datanglah lebih awal
Sebelum melakukan interview, kita harus datang lebih awal dari sebelumnya, karena kita perlu mempersiapkan diri dan juga mental yang baik.

Berpakaian rapi dan sopan
Tentu penampilan merupakan penilaian pertama. Oleh karena itu, kita harus berpenampilan baik dengan berpakaian rapi dan sopan.

Ketahui kekuatan Anda
Bersiaplah untuk mengartikulasikan 'nilai jual yang unik'. Pertimbangankan dengan serius. Pikirkan tentang kombinasi kekuatan Anda sendiri yang unik. Misalnya, kreatif, proaktif dan dapat diandalkan.

Membangun percakapan santai
Semakin Anda dapat membuat wawancara pertukaran dua arah, semakin besar kemungkinan Anda untuk bersantai. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengumpulkan informasi, mengenal budaya perusahaan dan cara-cara mereka melakukan pekerjaan. Datanglah ke tempat wawancara dengan beberapa pertanyaan yang disiapkan. Baca situs perusahaan dan penelitian kinerja mereka. 

Kuasai bahasa non-verbal
Ketika Anda berbicara face-to-face, itu bukan hanya tentang kata-kata yang Anda gunakan. Bahasa tubuh, tatapan mata dan gerakan semua memainkan peran penting. Jika Anda merasa sulit untuk menatap seseorang di mata, Anda berisiko dihakimi sebagai tidak dapat dipercaya atau memiliki sesuatu yang disembunyikan. Duduk dalam postur tegak tanpa bersandar ke depan. Lakukan yang terbaik untuk duduk diam tanpa gelisah karena ini akan membuat Anda terlihat gugup.

Usahakan tetap tenang
Pikirkan cara Anda menanggapi pertanyaan yang Anda tidak ketahui jawabannya. Minta penjelasan lebih maksud pertanyaannya dan berusahalah untuk tetap tenang. Jika Anda tiba-tiba membeku, ambil napas dalam-dalam sebelum menjawab.

Berdoa

Berdoa merupakan salah satu yang dapat membuat kita menjadi lebih tenang sebelum kita melakukan interview, selain itu sebagai salah satu usaha kita untuk mendapatkan keinginan kita.

Leave a Reply