No change, No Success

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by Nanda Bima - - 0 comments

TRANSFORMASI 

  Transformasi merupakan suatu metode untuk mengubah lokasi suatu titik pembentuk objek, sehingga objek tersebut mengalami perubahan. Perubahan objek dengan mengubah koordinat dan ukuran suatu objek disebut dengan transformasi geometri. Dalam Transformasi dasar yang akan dibahas meliputi translasi, skala, dan rotasi.

Jenis-jenis transformasi yang sering digunakan pada grafika komputer dibagi menjadi 3 macam, yaitu translasi, rotasi, dan skalasi :

A.    Translasi (Translation)

  Translasi merupakan bentuk transformasi yang memindahkan posisi suatu objek, baik pada sumbu x, sumbu y, atau sumbu z. Fungsi yang digunakan untuk melakukan translasi adalah :

glTranslatef(Tx, Ty, Tz)

glTranslated(Tx, Ty, Tz)

  Parameter Tx digunakan untuk menentukan arah dan seberapa jauh suatu benda akan dipindahkan berdasarkan sumbu x. Parameter Ty digunakan untuk menentukan arah dan seberapa jauh suatu benda akan dipindahkan berdasarkan sumbu y. Sedangkan parameter Tz digunakan untuk menentukan arah dan seberapa jauh suatu benda akan dipindahkan berdasarkan sumbu z (berlaku pada model 3D).


B.     Rotasi (Rotation)

  Rotasi merupakan bentuk transformasi yang digunakan untuk memutar posisi suatu benda. Fungsi yang digunakan untuk melakukan rotasi ialah :

glRotatef(θ, Rx, Ry, Rz)

glRotated(θ, Rx, Ry, Rz)

  Parameter yang dibutuhkan pada fungsi tersebut ada 4 macam, yaitu parameter θ untuk besar sudut putaran, parameter Rx untuk putaran berdasarkan sumbu x, parameter Ry untuk putaran berdasarkan sumbu y, dan parameter Rz untuk putaran berdasarkan sumbu z. Jika parameter θ bernilai postif, maka objek akan diputar berlawanan arah jarum jam. Sedangkan jika parameter θ bernilai negatif, maka objek akan diputar searah jarum jam.


C.    Skalasi (Scaling)

  Skalasi merupakan bentuk transformasi yang dapat mengubah ukuran(besar-kecil) suatu objek. Fungsi yang digunakan untuk melakukan skalasi ialah :

glScalef(Sx, Sy, Sz)

glScaled(Sx, Sy, Sz)

  Perubahan ukuran suatu objek diperoleh dengan mengalikan semua titik atau atau vertex pada objek dengan faktor skala pada masing-masing sumbu (parameter Sx untuk sumbu x, Sy untuk sumbu y, dan Sz untuk sumbu z).

Disini saya melakukan transformasi objek kubus dan silinder untuk dapat di transformasikan menjadi sebuah objek pedang. Software yang saya gunakan yaitu Blender versi 2.63.

Tahapan-tahapannya :

1. Pertama-tama gunakan bangun kubus sebagai awal pembuatan objek pedang.
2. Lalu atur bentuknya menggunakan scale.
3. Untuk memperpanjang objek lakukan extrude, dan lakukan scale untuk mengatur bentuk objek.
4. Buat bagian tengah pedang menggunakan objek baru yaitu silinder.
5. Atur bentuknya menggunakan scale.
6. Tambahkan objek silinder baru untuk membuat gagang.
7. Lakukan joint untuk menggabungkan semua objek.
8. Beri pewarnaan untuk memperindah objek menggunakan material.
9. Lakukan rendering image untuk melihat hasilnya.
 
 
 
                      http://blog.um.ac.id/depii/2011/12/11/transformasi-objek/
http://www.blenderindonesia.org/tutorial-id/